Berita Terkini

Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh Kota Melakukan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di 10 Sekolah Selama Tahun 2019

Post Title

TANJUNG PATI, DISHUB - Keterbatasan akses jalan maupun angkutan umum membuat banyak siswa di Kabupaten Lima Puluh Kota terpaksa mengendarai sepeda motor menuju sekolah. Kondisi ini tentu berbanding terbalik dengan di perkotaan, dimana banyak sekolah yang sudah menyediakan fasilitas antar jemput dan akses angkutan umum pun sudah memadai.

Tetapi bagaimana dengan daerah yang belum terjangkau angkutan umum. Kondisi ini tentu menimbulkan dilema mengenai aturan larangan mengendarai sepeda motor ke sekolah. Bagaimanapun, aturan itu dibuat demi menjaga keselamatan masyarakat di jalan raya.

Melihat kondisi tersebut maka Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas yang ditujukan kepada beberapa pelajar SLTP/SLTA yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada Agustus 2019 sampai Desember 2019 di 10 sekolah di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah peserta lebih kurang 1000 siswa/siswi.

Saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh kota sudah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di 3 sekolah yaitu di SMAN 1 Kec. Suliki, SMAN 1 Kec. Gunung Omeh, dan SMAN 1 Kec. Kapur IX dengan narasumber yaitu Irwandi, SH, Nofriyan Emril, A.Md.LLAJ, dan Behernard, A.Md.

Kegiatan ini lebih difokuskan ke sekolah-sekolah, dan materi yang diberikan difokuskan pada tata cara berkendara sepeda motor dan pejalan kaki mengingat kaum pelajar merupakan termasuk golongan mayoritas pengguna jalan raya menggunakan sepeda motor dan pejalan kaki dan juga termasuk kriteria golongan yang rentan dengan kenakalan remajanya sehingga sering melanggar tata tertib lalu lintas selama berkendaraan di jalan raya.

Tidak hanya materi yang diberikan kepada siswa/siswi pada kegiatan tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh kota juga memberikan soal evaluasi yang dibuat sesuai materi yang diberikan dan di isi oleh siswa/siswi. Setelah pemberian materi diberikan, kemudian hasil perekapan nilai soal evaluasi tersebut menjadi capaian hasil bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh kota untuk mengetahui sejauh mana siswa/siswi memperhatikan dan paham akan materi yang di berikan.

Tujuan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas kepada pelajar ini untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan pelajar. Dan dari sosialisasi ini juga diharapkan akan meningkatnya keselamatan pelajar dalam berlalu lintas dan berkendara, memotivasi dan mendorong dalam etika berlalu lintas dan untuk meningkatkan kesadaran dalam berperilaku berlalu lintas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling

Pelayanan jasa yang harus ditingkatkan oleh Dinas Perhubungan Kab.Limapuluh Kota
Pelayanan Uji Keur
Pelayanan Surat Izin Usaha
PAM Pasar
PAM Sekolah
Pelayanan Angkutan Umum

LIHAT