The Theme and Logo of the National Transportation Day (HARHUBNAS) 2020
Senin, 21 September 2020

Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 17 September 2020 selalu menampilkan logo dan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun ini Kementrian Perhubungan Republik Indonesia menerbitkan logo dan tema Hari Perhubungan Nasional, dengan usulan tema “WUJUDKAN ASA MAJUKAN INDONESIA”.

Adapun filosofi dari tema “WUJUDKAN ASA MAJUKAN INDONESIA” adalah Saat ini dunia tertimpa pandemic Covid-19, begitu pula dengan Indonesia, dimana pandemik ini menimbulkan dampak diseluruh sektor transportasi. Namun Indonesia tidak hanya berdiam saja, kita bangkit dengan adaptasi kebiasaan  baru yang dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia. Bangsa Indonesia yang besar memiliki asa atau harapan untuk bangkit kembali, begitu pula Kementrian Perhubungan memiliki semangat untuk mewujudkan harapan kedepan untuk Indonesia Maju, Pembangunan sektor transportasi terus dilakukan , perubahan perubahan terhadap regulasi terus dilakukan saat adaptasi kebiasaan baru ini, untuk mampu memberikan pelayanan transportasi yang selamat, aman , nyaman serta sehat. Kami insan perhubungan akan menyatu bagaikan simpul tali untuk memberikan harapan yang lebih baik untuk Negara tercinta, menjadikan Indonesia maju.

 

Sedangkan untuk logo Hari Perhubungan Nasional pada tahun ini berbentuk logo guidelines. Filosofi dari logo tersebut adalah simpul tali yang mengikat kuat keberagaman dan symbol hati yang berarti kecintaan terhadap Transportasi. Ada makna yang terdapat dalam logo Harhubnas Tahun 2020, yaitu Bentuk Simpul Tali yang Menerangkan tentang transportasi Nasional yang meyatukan keberagaman Masyarakat Indonesia. Lingkaran/elips yang menggunakan lingkaran/elips dalam sebuah logo dapat menyarankan masyarakat, persahabatan, cinta, hubungan dan kesatuan. Rings sendiri memiliki implikasi kemitraan, yang menunjukkan stabilitas dan daya tahan. Sedangkan curves pada bidang apapun cenderung dipandang sebagai suatu gaya yang feminin di alam. Selanjutnya Logo  Kemenhub yang menerangkan tentang 4 Matra di Kementerian Perhubungan.

Warna yang dipakai pada logo Harhubnas pada tahun ini juga tidak sembarangan dipilih dan digunakan untuk logo tersebut. Referensi warna pada logo Harhubnas Tahun 2020 dipilih berdasarkan warna laut Pantai yang ada di Indonesia. Warna-warna laut Indonesia tersebut adalah Cyan, Blue, Violet, dan Red yang terinspirasi pada Pantai Merah Banyuwangi, Pantai Merah Komodo, dan Pantai Merah Komodo. Gradasi yang berwarna warni tersebut menerangkan tentang Keberagaman Masyarakat Indonesia yang Heterogen namun bisa harmonis dibawah transportasi nasional dan dapat diartikan Harmonisasi antar matra. (RY)