Kompetisi Design Karoseri Teman Bus
Senin, 29 Maret 2021

Tanjung Pati - DISHUB (29/03), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengadakan "Kompetisi Design Karoseri Teman Bus" dengan mengajak masyarakat ikut andil dalam mendesain Teman Bus yang saat ini sedang digalakkan.

TEMAN BUS merupakan implementasi program Buy the Service dari Kementerian Republik Indonesia untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika yang andal dan berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi Anda. Tujuan utama TEMAN BUS adalah memberikan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu TEMAN BUS memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

TEMAN BUS berupa kendaraan Bus Sedang yang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk dan Bus Besar yang berkapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk. Serta masing-masing terdapat 1 area untuk prioritas. TEMAN BUS dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi adalah salah satu upaya untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Layanan TEMAN BUS juga mengedepankan kenyaman penumpang dengan selalu menjaga kebersihan area di dalam bus dan mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang memakai masker, sosial distancing menjaga kapasitas 50% dan menyediakan hand sanitizer.

Kompetisi ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat, baik perorangan, kelompok ataupun perusahaan. Tentunya peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kartu identitas resmi & NPWP. Adapun tema yang diusung ialah Futurisitk dan ramah lingkungan.

Desain yang ditampilkan harus menunjukkan eksterior dan interior (tampak depan, tampak samping kanan dan kiri, tampak belakang, tampak atas, tampak dalam dan gambar perspektif). Format yang dikirim berupa file pdf melalui bit.ly/SayembaraTemanBus yang dikumpulkan paling lambat tanggal 31 Maret 2021. Yang kemudian pengumuman pemenang akan diumumkan melalui media sosial @temanbus pada tanggal 9 April 2021. Hadiah yang akan didapatkan pemenang sebesar 20 juta rupiah. (adm)